Review 3 EVALUASI PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI SWADHARMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATURITY LEVEL PADA KERANGKA KERJA COBIT PADA DOMAIN PLAN AND ORGANISE

REVIEW

EVALUASI PERAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KOPERASI SWADHARMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL MATURITY  LEVEL PADA KERANGKA KERJA COBIT PADA DOMAIN PLAN AND ORGANISE

OLEH :

Rahmadini Darwas

 

                III.            KESIMPULAN DAN SARAN

 

Kesimpulan :

 

a)      Teknologi informasi yang ada di Koperasi Swadharma saat ini belum dimanfaatkansecara optimal. Hal ini disebabkan oleh pihak manajemen belum sadar akan pentingnya teknologi informasi untuk mendukung kinerja IT yang lebih efektif dan efisien.

 

b)      Berdasarkan  dari hasil  analisis  data evaluasi  peran  sistem  informasi  manajemen berdasarkan  domain  plan and organize  dengan  metode  maturity  level, Koperasi Swadharma  saat  ini  berada  pada  angka  2,86  yaitu  pada  level  defined  process. Menurut Guldentops et al (2000:100), standar yang ditetapkan secara internasional adalah  2,5.  Dengan  demikian  posisi  Koperasi  Swadharma  sudah  berada  di atas standar internasional. Akan tetapi belum mencapai target yang diinginkan oleh Koperasi   Swadharma   yaitu   pada   level   managed   and   measurable.   Hal   ini menunjukkan bahwa belum adanya standar operasional prosedur yang jelas untuk melaksanakan  kegiatan  di  lingkungan  Koperasi  Swadharma.  Prosedur-prosedur yang ada di Koperasi Swadharma belum di implementasikan secara optimal. Selain itu belum adanya dokumentasi dan standarisasi yang baku terhadap kinerja IT.

 

c)       Berdasarkan   kedua  butir  di  atas,  langkah   yang  harus  di  ambil   oleh  pihak manajemen Koperasi Swadharma adalah menetapkan suatu standarisasi yang baku terhadap prosedur-prosedur yang ada di Koperasi, menambah jumlah personil IT.

 

Saran :

a)        Untuk melakukan suatu perencanaan dan pengorganisasian yang baik, sebaiknya pihak manajemen  menetapkan  suatu standar operasional  procedure  yang baku untuk  seluruh  bagian  Koperasi   Swadharma   sehingga   aktivitas  operasional berjalan dengan lancar dan terorganisir dengan baik

 

b)        Pengontrolan IT perlu di lakukan dan harus ada dokumentasi pada setiap proses IT yang sedang berjalan. Pihak manajemen sebaiknya meminta dokumentasi kegiatan IT untuk memudahkan personil IT yang baru dalam menyesuaikan pekerjaan dengan bantuan dokumentasi tersebut.

 

c)         Menanamkan  kesadaran  kepada  seluruh  karyawan  Koperasi  Swadharma  agar tidak selalu bergantung pada divisi IT mengingat personil IT yang sedikit. Hal ini bertujuan untuk lebih mengoptimalkan kinerja IT.

 

d)        Menambah jumlah personil IT agar terjadi pemisahan tugas sehingga dapat mempercepat kinerja.

 

e)        Memberikan   pelatihan   formal   untuk   meningkatkan   kualitas   sumber   daya manusia di lingkungan Koperasi Swadharma.

 

 

Nama                    : Ari Sulistyawati

NPM                      : 21211084

Kelas                     : 2EB09

Tahun                   : 2012

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: